Centre for Socius Design
eksperimen menuju arsitektur yang memitrakan
Kebun Susun: Eksperimen Penyisipan Kebun Vertikal
Categories: Experimental Design

Kebun Susun: Eksperimen Penyisipan Kebun Vertikal Berbasis Aspirasi dan Perilaku Warga Kawasan Rumah Susun Jogoyudan Yogyakarta. Final Project (4th year) Minati Gayuh Luhuri (05512022). Supervised by Dr.-Ing. Ilya Maharika, IAI. Year 2009.

Tugas Akhir berupa laporan perancangan yang berjudul Kebun Susun: Eksperimen Penyisipan Kebun Vertikal Berbasis Aspirasi dan Perilaku Warga Kawasan Rumah Susun Jogoyudan Yogyakarta karya Minati Gayuh Luhuri (05512022) ini mampu menunjukkan proses dan kualitas yang sangat bagus sebagai referensi. Saya sebagai pembimbing sungguh menikmati hasil karya ini dan ikut belajar banyak darinya.

Minati berhasil  membawa ancaman persoalan global berupa global starvasion dan respon di skala arsitektural di konteks perkotaan berupa “penyisipan kebun” ke urban tissue yang ada. Kajian preseden dan referensi cukup luas memberikan wacana pendahuluan bagaimana strategi arsitek untuk melakukan intervensi bagi persoalan tersbeut. Intervensi Minati yang gradual, mulai dari sekedar memasang pot hingga mengkonstruksikannya ke dalam struktur bangunan secara keseluruhan memberikan wacana yang komprehensif apa yang dimaknainya sebagai penyisipan itu yang sekaligus merupakan respon terhadap situasi di lapangan dan pola-pola yang ia temukan dari kajian-kajian. Proses perancangan yang berbasis interaksi dengan masyarakat secara intensif juga menunjukkan keseriusan dan intensitas yang sangat mencerminkan usaha untuk meningkatkan kepekaan terhadap konteks yang sangat berguna bagi seorang arsitek untuk menghasilkan rancangan yang tanggap persoalan. Ini adalah esensi dari Centre for Socius Design yang sudah diekplorasi dengan baik oleh Minati.

Kekurangan yang cukup menonjol adalah keberanian untuk melakukan eksperimen rancangan yang lebih intensif. Eksplorasi bentuk dan struktur yang lebih variatif seharusnya mungkin dilakukan untuk menghasilkan simbiosis antara material bangunan dan tanaman di level komponen dan antara sistem bangunan dengan life-cycle tanam-tanaman di level sistemik.

Leave a Reply